berita game gta
Berita Game

Waktu Loading GTA Online Jadi Ngebut Berkat Gamer ini

Seorang gamer Grand Theft Auto (GTA) server kamboja slot Online dengan nama ‘t0st’ menemukan cara untuk mempercepat waktu loading di game tersebut — yang terkenal sangat lambat. Trik yang ditemukan t0st itu bisa mempercepat waktu loading-nya sampai dengan 70%. Menariknya, trik ini kemudian diketahui oleh Rockstar — pengembang GTA –, dan mereka mengkonfirmasi kalau trik ini benar-benar berhasil.

Bahkan Rockstar pun bakal menerapkannya di pembaruan selanjutnya. Atas perannya dalam menemukan trik tersebut, Rockstar memberikan hadiah sebesar USD 10 ribu kepada t0st yang sebenarnya merupakan hadiah dari program bug bounty, meski biasanya yang dicari dari program tersebut adalah celah keamanan.

“Setelah menginvestigasi (trik ini), kami bisa mengkonfirmasi kalau yang dilakukan oleh t0st bisa mengungkap sebuah aspek dalam kode di game yang terkait dengan waktu loading dari GTA Online di PC yang bisa ditingkatkan,” ujar Rockstar dalam pernyataannya. “Sebagai hasil dari investigasi ini, kami sudah menerapkan sejumlah perubahan yang bakal diimplementasikan dalam pembaruan yang akan datang,” tambahnya.

Baca Juga : Sejarah Resident Evil Game Offline Yang Sangat Legend

Menurut t0st, tujuan awalnya ketika menemukan trik ini adalah ia penasaran karena mode online dari GTA butuh waktu enam kali lebih lama ketimbang di mode story. Lalu ia pun meneliti deretan kode game ini. Kemudian ia menemukan kalau penyebab utama bottleneck yang membuat waktu loading menjadi lama adalah pemrosesan CPU single thread terhadap file berukuran 10MB, yang tampaknya berisi daftar semua barang yang bisa dibeli menggunakan mata uang dalam game tersebut.

Kemudian, trik buatannya itu punya dua manfaat. Selain mengurangi waktu yang dibutuhkan oleh GTA Online untuk mengecek daftar tersebut, triknya juga memberikan metode yang jauh lebih efisien unntuk mengecek barang yang terduplikasi. Dalam pengujiannya, trik ini bisa mengurangi waktu loading GTA Online dari enam menit menjadi di bawah 2 menit, atau meningkat 70%,

Publisher Grand Theft Auto Panen Uang Rp 48,3 Triliun

Salah satu publisher game ternama, Take Two Interactive telah merilis laporan keuangan untuk periode fiskal yang berakhir Maret 2021. Kabarnya mereka berhasil meraup pendapatan hingga USD 3,37 miliar (sekitar 48,3 triliun rupiah). Pemasukan berulang dari konsumen menjadi bahan bakar utama bagi keuntungan Take Two Interactive. Dengan 68 persen pendapatan berasal dari game Grand Theft Auto Online dan NBA 2K21.

Selama setahun penuh, Take Two Interactive membukukan bahwa pemesanan naik 19 persen menjadi USD 3,55 miliar (sekitar 50,9 triliun rupiah), dengan ditandai pendapatan yang naik 9 persen menjadi rekor baru yakni USD 3,37 miliar (sekitar 48,3 triliun rupiah), dikutip detikINET dari Game Industry, Selasa (25/5/2021).

Meskipun berperan sebagai pendorong utama, ternyata tidak hanya NBA 2K21 dan GTA Online yang berkontribusi. Tetapi terdapat game lain yang ikut serta dalam memberikan pendapatan Take Two Interactive seperti game dari ranah mobile milik Social Point dan Playdots, serta WWE SuperCard. NBA 2K21 pun melampaui ekspektasi dan game ini telah terjual lebih dari 10 juta copy. NBA 2K21 berhasil memboyong 2,3 juta pemain harian dan konsumen yang melakukan pembelian berulang naik hingga 73 persen dari tahun sebelumnya.

Take Two Interactive mengungkapkan bahwa game dengan genre olahraga bola basket ini diperkirakan akan terus berkembang. “Kami melihat peluang yang signifikan untuk mengembangkan franchise ini lebih jauh. Karena kami memberikan pengalaman yang unik dan inovatif di sepanjang permainan,” kata Take Two Interactive.

Bila penasaran dengan NBA 2K21, penggemar bisa mendapatkannya secara gratis di Epic Games Store. Game ini bisa didownload secara cuma-cuma hingga tanggal 27 Mei 2021. Ini menjadi kesempatan yang baik bagi pemain yang ingin merasakan salah satu game yang ikut berkontribusi besar bagi pendapatan Take Two Interactive. Karena bila dalam kondisi normal, pemain harus mengocek kantong hingga 699 ribu rupiah untuk mendapatkan game ini di Epic Games Store.