• February 3, 2023

5 Tips Merawat HP Biar Tak Cepat Rusak

Gadget seperti handphone memang bukan lagi benda yang asing. Yang mana hanya di miliki oleh orang – orang di kelas menengah ke atas. Namun ada banyak merk smartphone yang juga punya harga terjangkau sehingga bisa di miliki oleh siapapun.

Namun sayang, tidak banyak yang bisa memakai android dengan baik. Padahal, merawat hp tersebut dengan benar bisa membuatnya awet sampai bertahun – tahun loh. Kalau tidak di rawat malah akan membuatnya mudah rusak seperti lemot, sering restart, dan baterai tanamnya bocor.

Biasanya, cara merawat HP Android tak jauh beda antara merk satu dengan yang lain. lalu, bagaimana sih cara merawatnya? yuk simak di bawah.

1.Install Aplikasi Seperlunya

Dengan ruang penyimpanan yang masih besar memang memicu keinginan menginstall berbagai macam aplikasi. Mencoba banyak aplikasi memang menyenangkan. Namun kalau tak di gunakan dengan maksimal maka sebaiknya di uninstall agar tak membuang ruang penyimpanan di dalam android. Jadi, android tak akan lemot serta bisa di pakai dengan maksimal.

2.Berikan Proteksi

Memberikan proteksi disini artinya adalah aksesoris ponsel (screen guard). Proteksi sudah banyak dijual dan ditemukan dengan mudah dan harganyapun murah. Berikan screen guard agar melindungi layar dari goresan. Harga dari screen guard ini juga bermacam-macam.

Ada yang bahkan hanya Rp. 10.000 untuk melindungi layar dari debu dan kotoran, hingga Rp. 1.000.000 untuk bisa melindungi layar dari goresan. Kalian bisa pilih mana proteksi yang kalian butuhkan. Selain itu, berikan juga anti crack.

Proteksi ini memang semacam casing yang melindungi ponsel dari benturan atau terkena cipratan air supaya tak mengenai langsung ke body ponsel.

3.Hindari Dari Medan Magnet

Android harus di hindarkan dari medan magnet. Karena, medan magnet, air, dan logam lainnya dapat mmerusak speaker. Menghindarkan ponsel kalian dari beberapa benda tersebut juga bisa membuat suara yang keluar dari ponsel jadi lebih stabil dan tidak mati.

Pastikan kalau kalian menyimpan ponsel di tempat yang sejuk. Tak terlalu panas atau dingin dan hindarkan dari sinar matahari secara langsung. Suhu atau temperatur hp ternyata mempengaruhi awetnya baterai hp. Usahakanlah menjaga suhu HP dalam kondisi stabil di 25 – 30 derajat.

4.Gunakan Satu Aplikasi

Gunakan aplikasi seperlunya ketika kalian membuka smartphone. Sebab, multitasking ternyata akan memberatkan smartphone untuk bekerja. Kapasitas RAM dan ROM tiap ponsel tentu berbeda. Hal ini juga tentu saja harus di sadari kalau memakai aplikasi yang terlalu banyak dalam waktu yang bersamaan akan sangat memberatkan.

Itulah kenapa perhatikanlah bagaimana pemakaian ponsel yang benar serta membuat ponsel tahan lama. Baik itu dari segi daya baterai maupun dari segi pulsa data kalian.

5.Charge Dengan Benar

Pengisi daya harusnya di lakukan saat baterai smartphone sudah mencapai 10 – 15%. Lepaskan baterai atau charger saat sudah terisi penuh. Jika cara pengisian daya ini terlalu lama, maka nantinya bisa mengakibatkan baterai yang cepat drop atau cepat rusak.

Itulah kenapa, selalu perhatikan berapa persentase daya baterai kalian. Selain itu, lebih baik matikan ponsel saat men charge serta gunakan charger yang original.

Itulah berbagai tips yang bisa kalian lakukan untuk membuat ponsel android kalian jadi tahan lama dan tidak cepat rusak. Berhati – hatilah dalam menggunakan handphone kalian ya. Semoga bermanfaat.