Berita Game

Sejarah Tetris dan Bagaimana Permulaan Mula Dibuat

Siapa yang tak ketahui Tetris? Hampir seluruh orang pasti pernah memainkan permainan virtual yang minta pemainnya membentuk balok-balok geometris ini. Permainan ini dibuat 36 tahun yang lalu, tepatnya pada 6 Juni 1984. Tetapi, permainan populer ini mulanya tak dirancang sebagai sebuah video game. Tetris dibuat sebagai alat untuk mengukur performa komputer.

Dia adalah seorang insinyur perangkat lunak di Akademi Ilmu Pengetahuan Soviet, Moskow. Tugasnya adalah menguji komputer variasi baru, Electronika 60. Untuk menjalankannya, ia menciptakan permainan sederhana menurut permainan puzzle yang pernah ia mainkan semasa kanak-kanak. Baca juga: Mengenang Kurt Cobain, Ikon Musik Rock Modern Permainan sederhana ini akan membantu spaceman slot mengukur seberapa kuat komputer itu dan memberikan sedikit hiburan saat mengerjakan pengujian. Pajitnov tak menduga bahwa permainan ini justru menjadi salah satu video game terbaik dan paling digandrungi sepanjang masa. “Saya tak dapat menahan diri untuk tak memainkan versi prototipe ini, sebab benar-benar adiktif untuk menyatukan balok-baloknya,” kata Pajitnov.

Fenomena baru

Padahal Tetris seketika populer di kalangan programmer, tapi jalan masuknya terbatas hanya pada mesin Electronika 60. Mesin ini tak memiliki kesanggupan grafis dan kapasitas memorinya benar-benar terbatas, malah lebih kecil ketimbang kalkulator modern. Kepopuleran Tetris menyebabkan Pajitnov mendapatkan permintaan untuk membuat Tetris tersedia dalam versi IBM PC yang memiliki kesanggupan grafis lebih baik. Dia kemudian menugaskan profesi itu terhadap Vadim Gerasimov, seorang siswa berusia 16 tahun yang sedang magang musim panas di kantornya. Tetris kemudian menyebar dengan cepat. “Itu seperti kebakaran hutan. Segala orang di Uni Soviet yang memiliki PC memainkan Tetris,” kata Pajitnov.

Padahal populer, Pajitnov tak menciptakan uang dari permainan ini, ia juga tak berniat demikian. Di Soviet, ide-ide dimiliki oleh negara dan konsep memasarkan perangkat lunak sebagai produk tak diketahui oleh sebagian besar masyarakat termasuk Pajitnov. Tetris diketahui dari perbincangan orang-orang, mereka kemudian membagikan Tetris dengan menyalinnya ke disket.