pes dan we
Game Offline

Menelusuri Sejarah Winning Eleven dan PES, Apa Sih Bedanya?

Kini anda mengenal game sepak bola buatan Konami bersama nama eFootball PES 2020. Namun sebelum saat itu, tersedia sejarah panjang yang jadi saksi bagaimana keliru satu game sepak bola paling tenar di dunia itu tumbuh berkembang. Mulai dari “dualisme” nama yaitu Winning Eleven dan Pro Evolution Soccer, sampai rivalitasnya bersama game sepak bola lain FIFA.

Meskipun sama-sama dibuat dan dikembangkan oleh Konami, kemungkinan masih banyak orang yang bingung bersama game sepak bola buatan mereka. Apakah itu Winning Eleven? Atau Pro Evolution Soccer (PES)? Untuk menjawab perbedaan Winning Eleven dan PES, Ada baiknya di awali bersama sejarah awal game sepak bola ini muncul.

International Superstar Soccer

Bukan Winning Eleven, bukan juga Pro Evolution Soccer. Konami pertama kali merilis game sepak bolanya malah bersama nama International Superstar Soccer (ISS) pada tahun 1994 di Jepang. Meski merupakan seri perdana, tetapi siapa sangka ISS sukses mengambil perhatian penikmat game sepak bola baik itu di Jepang maupun mancanegara.

Fitur yang di tawarkan ISS jadi alasan kenapa game berikut enteng diterima oleh pasar. Beberapa fitur menariknya layaknya Open Game (pertandingan persahabatan bersama player atau CPU), International Cup (simulasi pertandingan Piala Dunia bersama 32 tim), World Series (kompetisi liga), sampai Training (mode latihan untuk mengasah kemampuan bermain).

Cukup sukses di debutnya, tahun 1995 Konami lagi merilis seri keduanya bersama judul International Superstar Soccer Deluxe/ World Soccer Winning Eleven untuk Nintendo 64 pada tahun 1996. ISS Deluxe menawarkan animasi yang lebih halus dan juga lebih banyak variasi formasi yang bisa digunakan. Sayangnya persoalan lisensi membuat gamer cuma bisa memainkan pemain-pemian dunia yang namanya sudah diplesetkan.

Terus Berkembang Sebagai Game Konsol Terpopuler

Setahun berselang, Konami merilis International Superstar Soccer 64 atau yang lebih dikenal Jikkyou World Soccer di Jepang. Di tahun yang sama, International Superstar Pro atau Winning Eleven 97 juga rilis tertentu untuk konsol PlayStation. Winning Eleven 97 hadir bersama balutan fitur yang lebih lengkap layaknya 32 tim internasional, empat stadion baru, 13 variasi formasi, sampai mode Penalty Kick.

Baca Juga: https://blackberrytorchreview.org/mengenal-sejarah-game-dota-2-ingin-mencoba/

Tahun-tahun seterusnya Konami konsisten merilis seri ISS bersama sebagian nama; ISS Pro 98 atau World Soccer Jikkyou Winning Eleven 3 ~World Cup France 1998~ (1998), ISS Pro Evolution atau World Soccer Jikkyou Winning Eleven 4 (1999), dan ISS Pro Evolution 2 atau World Soccer Jikkyou Winning Eleven 2000: U-23 Medal Heno Chousen (2000).

Munculnya Seri Pro Evolution Soccer (PES)

Pada tahun 2001 Konami lagi merilis sekuel ISS pada konsol PlayStation 2 bersama nama Pro Evolution Soccer untuk versi Eropa dan Winning Eleven 5 untuk versi Asia dan Amerika Utara. Mulai dari sinilah kedua game punya Konami hadir didalam versi yang sedikit berbeda. Pasalnya pengembangan game PES diambil alih oleh Konami Computer Entertainment Osaka (KCEO) tetapi Winning Eleven diserahkan kepada Konami Computer Entertainment Tokyo (KCET).

Tahun 2002, Winning Eleven dan PES merilis seri terbarunya. Bisa dibilang dua game Konami ini memadai sukses di pasarnya masing-masing. PES sukses berkompetisi bersama game FIFA di Eropa. Sedangkan Winning Eleven merajai game sepak bola di Asia, juga di Indonesia yang kebetulan tengah menjamurnya rental-rental PlayStation. Pada tahun-tahun berikutnya, Konami konsisten merilis seri PES untuk regional Eropa dan Winning Eleven untuk Asia, terutama Jepang.

Hingga selanjutnya pada tahun ini Konami merilis gamenya bersama nama eFootball Winning Eleven 2020 untuk Jepang dan eFootball Pro Evolution Soccer 2020 untuk pasar internasional. Di Indonesia sendiri, seri Winning Eleven sebetulnya memadai mendominasi. Namun sejak konsol PlayStation 1 redup, perlahan seri PES lebih banyak diterima sampai sekarang.

Perbedaan PES dan Winning Eleven

Meski dibuat oleh developer game yang sama, tetapi tersedia sedikit perbedaan pada PES dan Winning Eleven. Misalnya saja didalam versi Winning Eleven tersedia pilihan bhs Mandarin dan juga komentator Jepang.

Untuk gameplay sendiri rasanya tidak tersedia perbedaan yang begitu penting pada Winning Eleven bersama PES. Itu tadi sejarah panjang seputar Winning Eleven dan PES. Simak konsisten berita-berita game menarik lainnya cuma di Dunia Games